Kepuasan Pemangku Kepentingan
Pengukuran kepuasan pemangku kepentingan FBSH Untrim terhadap tata pamong, tata kelola dan kerjsama telah teruang dalam standar tata kelola, Standar Tata Kelola (STD/TBH/TM/SPMI/05), Standar Tata Pamong (STD/TBH/TM/SPMI/06) dan Standar Kerjasama (STD/TBH/TM/SPMI/03). Pengukuan kepuasan pemangku kepentingan dilakukan oleh Badan Penjaminan Mutu Untrim. Kepuasan pemangku kepenting dilakukan melalui survei dengan instrumen yang sahih, handal, mudah digunakan dan dilaksanakan secara berkala. Pengukuran kepuasan pemangku kepentingan tentang tata pamong, tata kelola dan kerjasama FBSH Untrim dilakukan kepada mahasiswa, dosen, tenaga kependidikan, lulusan, pengguna lulusan mitra industri, dan mitra lainnya, terhadap layanan manajemen FBSH Untrim.
Berikut adalah hasil survei terhadap kepuasan pemangku kepentingan FBSH Untrim tahun 2021.
- Mahasiswa
Hasil survei kepada mahasiswa FBSH Untrim terhadap pengelolaan manajemen, yang diukur dengan 5 dimensi. Ke lima dimensi tersebut antara lain, 1) Keandalan, 2) Daya tanggap, 3) Kepastian, 4) Empati, dan 5) Tangible. Hasil kepuasan mahasiswa FBSH Untrim tahun 2021 seperti grafik berikut ini.
Gambar 2.2.4 Kepuasan Mahasiswa FBSH Untrim tahun 2021
Hasil survey kepuasan mahasiswa (Gambar 2.2.4) menunjukkan hasil sangat baik (86,2%) untuk kehandalan, sangat baik (85,5%) untuk daya tanggap, sangat baik (86,9%) untuk kepastian, sangat baik (82,8%) untuk empati, sangat baik (91,7%) untuk tangible. Hasil tersebut melampaui target 80% yang diinginkan sehingga wajib dipertahankan dan ditindak lanjuti dengan rencana relevan, misalnya mengirim dosen studi lanjut dengan beasiswa, pemberdayaan DTPS secara optimal, serta mendorong pembelajaran tatap muka.
- Dosen
Bukti pengelolaan manajemen FBSH Untrim tentang kadilan, tanggung jawab, akuntabilitas, transparan, dan kredibel, dapat dilihat dari hasil survei kepuasan dosen FBSH Untrim tahun 2021 seperti grafik berikut ini.
Gambar 2.2.5 Kepuasan Dosen FBSH Untrim tahun 2021
Data di atas menunjukkan bahwa pengelolaan manajemen FBSH Untrim tentang kadilan, tanggung jawab, akuntabilitas, transparan, dan kredibel adalah sangat baik. Hal ini dapat dilihat dari hasil survei kepuasan dosen FBSH Untrim tahun 2021 sebanyak 90% menyatakan sangat puas dan hanya 10% yang menyatakan puas.
- Tenaga Kependidikan
Bukti pengelolaan manajemen FBSH Untrim tentang kadilan, tanggung jawab, akuntabilitas, transparan, dan kredibel, dapat dilihat dari hasil survei kepuasan tenaga kependidikan FBSH Untrim tahun 2021 seperti grafik berikut ini.
Gambar 2.2.6 Kepuasan Tenaga Kependidikan FBSH Untrim tahun 2021
Data di atas menunjukkan bahwa pengelolaan manajemen FBSH Untrim tentang kadilan, tanggung jawab, akuntabilitas, transparan, dan kredibel dari persepsi tenaga kependidikan adalah sangat baik. Hal ini dapat dilihat dari hasil survei kepuasan tenaga kependidikan FBSH Untrim tahun 2021 sebanyak 85% menyatakan sangat puas, 10% yang menyatakan puas, dan hanya 5% yang menyatakan cukup puas.
- Lulusan
Bukti pengelolaan manajemen FBSH Untrim tentang kadilan, tanggung jawab, akuntabilitas, transparan, dan kredibel, dapat dilihat dari hasil survei kepuasan lulusan FBSH Untrim yang dilakukan pada tahun 2021 seperti grafik berikut ini.
Gambar 2.2.7 Kepuasan Lulusan FBSH Untrim tahun 2021
Data di atas menunjukkan bahwa pengelolaan manajemen FBSH Untrim tentang kadilan, tanggung jawab, akuntabilitas, transparan, dan kredibel dari persepsi lulusan adalah sangat baik. Hal ini dapat dilihat dari hasil survei kepuasan tenaga kependidikan FBSH Untrim tahun 2021 sebanyak 80% menyatakan sangat puas, 15% yang menyatakan puas, dan hanya 5% yang menyatakan cukup puas.
- Pengguna Lulusan
Penilaian pengguna lulusan terhadap lulusan FBSH Untrim diukur dari kepuasannya terhadap lulusan FBSH Untrim yang bekerja di perusahannya. Pengukuran kepuasan pengguna lulusan menggunakan 7 indikator, yaitu:1) etika; 2) keahlian pada bidang ilmu; 3) kemampuan bahasa asing; 4) penggunaan teknologi informasi, 5) kemampuan berkomunikasi; 6) kerjasama; dan 7) pengembangan diri. Berikut hasil survei kepuasan lulusan FBSH Untrim yang dilakukan pada tahun 2021 seperti grafik berikut ini.
Gambar 2.2.8 Kepuasan Pengguna Lulusan FBSH Untrim tahun 2021
Data di atas menunjukkan bahwa pengguna lulusan sangat puas terhadap cara kerja lulusan FBSH Untrim.Dari 7 indikator yang dinilai yaitu:1) etika; 2) keahlian pada bidang ilmu; 3) kemampuan bahasa asing; 4) penggunaan teknologi informasi, 5) kemampuan berkomunikasi; 6) kerjasama; dan 7) pengembangan diri rata-rata 84,4% menyatakan sangat puas dan 15,96% menyatakan puas. Ini berarti FBSH Untrim telah berhasil mencetak lulusannya sesuai dengan Capaian Pembelajaran Lulusan yang telah ditetapkan.
- Mitra Kerjasama
Kepuasan mitra kerjasama sangat penting dilakukan guna mengetahui seberapa besar manfaat yang dirasakan oleh mitra kerjasama selama melakukan kerja sama dengan FBSH Untrim. Berikut adalah hasil kepuasan mitra kerjasama FBSH Untrim tahun 2021.
Gambar 2.2.9 Kepuasan Mitra Kerjasama FBSH Untrim tahun 2021
Data di atas menunjukkan bahwa sebanyak 75% mitra kerjasama merasa sangat puas melakukan kerjasama dengan FBSH Untrim, 20% menyatakan puas dan hanya 5% menyatakan cukup puas. Ini artinya bahwa komitmen kerjasama yang dilakukan dengan mitra kerjasama untuk saling menguntungkan dengan mitra kerjsama sudah berjalan dengan sangat baik.
Berdasarkan hasil survey terhadap pemangku kepentingan dapat disimpulkan bahwa tata pamong, tata kelola dan kerjasama FBSH Untrim sudah berjalan dengan sangat baik. Dari target 80% seluruh aspek penilaian yang digunakan dalam mengukur kepuasan telah memenuhi target, sehingga perlu dipertahankan. Seluruh aspek penilaian kepuasan mahasiswa dan kepuasan pengguna dipublikasi di web Universitas pada laman https://triatmamulya.ac.id/program-studi-magister-manajemen/