Sejarah

Fakultas Pariwisata merupakan hasil penyatuan Sekolah Tinggi Pariwisata (STIPAR) Triatma Jaya ke Universitas Triatma Mulya berdasarkan Surat Keputusan Keputusan Menteri Pendidikan Dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor: 859/M/2020 tertanggal 15 September 2020. Sejak penerbitan surat keputusan tersebut, Fakultas Pariwisata menjadi salah satu fakultas di Universitas Triatma Mulya.

Fakultas Pariwisata Universitas Triatma Mulya memiliki visi menjadi fakultas yang unggul, berdaya saing internasional dan memiliki jiwa wirausaha. Fakultas pariwisata merancang kurikulum khusus untuk mencapai visi tersebut. Selain itu, Fakultas Pariwisata berkomitmen untuk menjaga kualitas pembelajaran dan mutu sumber daya manusia sehingga dapat menghasilkan lulusan yang memiliki kompetensi pada bidang pariwisata dan hospitality.

Fakultas Pariwisata Universitas Triatma Mulya mengelola tiga (3) program studi yaitu: Program Studi Sarjana Terapa Pariwisata (Diploma IV Perhotelan), Program Ahli Madya Pariwisata (Diploma III Perhotelan) dan Program Ahli Madya Pariwisata (Diploma III Pariwisata). Ketiga program studi tersebut terakreditasi dengan peringkat “Sangat Baik” atau dulu sering disebut dengan “Akreditasi B”.

Program Studi Diploma IV Perhotelan 

Program Studi Diploma IV Perhotelan memiliki satu jurusan atau konsentrasi Pendidikan bidang Hospitality Business Management atau Manajemen Bisnis Hospitaliti (MBH). Program ini ditempuh dalam empat (4) tahun dengan komposisi pembelajaran bidang Kantor Depan (Front Office), Tata Graha (Housekeeping), Layanan Makanan dan Minuman (Food and Beverage Service) dan Produksi Makanan dan Minuman (Food and Beverage Production). Gelar akademik yang diperoleh setelah lulus program ini adalah Sarjana Terapan Pariwisata (S.Tr.Par.)

Program Studi Diploma III Perhotelan

Program Studi Diploma III Perhotelan memiliki dua jurusan atau konsentrasi Pendidikan yaitu Manajemen Akomodasi Perhotelan (MAP) dan Manajemen Makanan dan Minuman atau Food and Beverage Management (MFB). Khusus untuk Program Manajemen Akomodasi Perhotelan (MAP) ditempuh selama tiga (3) tahun dengan komposisi pembelajaran bidang Kantor Depan (Front Office) dan Tata Graha (Housekeeping). Sedangkan untuk Program Food and Beverage Management (MFB)  ditempuh selama tiga (3) tahun dengan komposisi pembelajaran bidang Layanan Makanan dan Minuman (Food and Beverage Service) dan Produksi Makanan dan Minuman (Food and Beverage Production). Gelar akademik yang diperoleh setelah lulus program ini adalah Ahli Madya Pariwisata (Amd. Par.)

Program Studi Diploma III Pariwisata

Program Studi Diploma III Pariwisata memiliki jurusan atau konsentrasi Pendidikan yaitu Usaha Perjanan Wisata. Progam ini sangat cocok bagi yang berkeinginan untuk bekerja di travel agent, membuka usaha atraksi wisata dan juga menjadi seorang tour guide. Progam ini ditempuh selama tiga (3) tahun dan Ketika lulus mendapatkan gelar akademik Ahli Madya Pariwisata (Amd. Par.).

 

Fakultas Pariwisata Universitas Tiratma Mulya dipimpin oleh Dekan I Nengah Subadra, S.S., M.Par., PhD – seorang doktor bidang pariwisata yang meraih gelar Doctor of Philosophy (PhD) di University of Lincoln, United Kingdom. Operasional akademik Fakultas Pariwisata dibantu oleh tiga Ketua Program Studi yaitu: Bapak Putu Agus Prayogi, S.ST.Par, M.Par (Kaprodi Diploma IV Perhotelan), Ibu Ni Nyoman Nidya Trianingrum, S.Pd, M.Pd (Kaprodi Diploma III Perhotelan) dan  Ibu L K Herindiyah Kartika Yuni, S.ST.Par, M.Par (Kaprodi Diploma III Perhotelan).