STIE Triatma Mulya Menghadiri Sosialiasi Instrumen Akreditasi Program Studi (IAPS) Versi 4.0

STIE Triatma Mulya menghadiri kegiatan bimbingan teknis peningkatan akreditasi institusi sekaligus sosialiasi instrumen akreditasi program studi (IAPS) versi 4.0 diselenggarakan oleh Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi Wilayah VIII bersama Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi BAN – PT. Kegiatan ini berlangsung di Aula Bima, kantor LLDIKTI Wilayah VIII pada Senin, 27 Mei 2019.

Kegiatan ini dibuka oleh Sekretaris LLDIKTI Wilayah VIII Ir Anak Agung Ngurah Rai Indra Wardana,M.T. dalam sambutannya menjelaskan bahwa Sosialisasi IAPS versi 4.0 ini bertujuan untuk memberikan pengetahuan tentang IAPS versi 4.0 yang mencakup Pengenalan Laporan Evaluasi Diri (LED) dan Laporan Kinerja Program Studi (LKPS).

Dalam kegiatan ini sebagai narasumber adalah Saefudin Nirwan, S.Kom, M.Kom. dan Prof. Dr. Johny Wahyuadi Sudarsono. Penilaian IAPS versi 4.0 bukan hanya terbatas pada input, proses, dan output saja, tetapi penilaian instrumen akreditasi harus berbasis data dan berbasis outcome. Untuk itu, perguruan tinggi agar cepat dan tanggap terhadap perubahan-perubahan aturan tentang akreditasi.

LED dan LKPS fokus pada pengembangan perguruan tinggi. LED harus memuat 9 kriteria akreditasi yang meliputi kriteria: 1) Visi, Misi, Tujuan, dan Strategi, 2) Tata Kelola, Tata Pamong, dan Kerja Sama, 3) Mahasiswa 4) Sumber Daya Manusia 5) Keuangan, Sarana, dan Prasarana 6) Pendidikan, 7) Penelitian, 8) Pengabdian kepada Masyarakat, dan 9) Luaran dan Capaian Tridharma.

STIE Triatma Mulya yang masih dalam proses pengajuan reakreditasi APT dan sebentar lagi akan menyusun akreditasi Program Studi baik itu Program Studi Akuntansi dan Program Studi Manajemen diharapkan dengan mengikuti sosialiasi ini dapat menyusun dan menyiapkan dengan baik LED dan LKPS untuk masing – masing prodi yang akan diakreditasi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *