Sosialisasi PPAk UNUD, Seminar Akuntansi sekaligus Pelantikan HMP Akuntansi

PPAk merupakan sebuah program Pendidikan Profesi Akuntan yang memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk memperoleh sertifikasi yang nantinya akan digunakan dalam bekerja. Dalam era persaingan bebas saat ini, sertifikasi menjadi hal yang sangat penting untuk dimiliki karena dalam bekerja seseorang akan dihadapkan dengan kompetensi yang tinggi, sehingga sesorang dianggap mampu dan diakui apabila sudah memiliki sertifikasi profesi.

Profesi akuntansi memiliki beberapa sertifikasi antara lain CA (Chartered Accountant), CPA (Certified Public Accounting), CPMA (Certified Profesional Management Accountant) dan QIA (Qualifying Internal Auditor). Selain sertifikasi profesi tersebut, ada juga sertifikasi profesi internasional terkait dengan akuntansi misalnya ACCA, CPA Australia, CPMA, CMA, dll. Sosialisasi ini disampaikan langsung oleh Ketua Program Studi PPak UNUD Bapak Dr. I Ketut Budiartha, SE.,M.Si.,CA.,CPA yang juga sebagai Wakil Ketua IAI Bali. Selain sosialisasi ini, Bapak Budiartha juga hadir sebagai narasumber Seminar Akuntansi – PSAK ”Historical Cost Concept vs Fair Value Accounting” yang untuk memberikan informasi tentang historical cost concept yang menggunakan nilai lama dibandingkan fair value accounting yang menggunakan nilai sekarang.

Fair value muncul untuk mengatasi kekurangan historical cost. Fair value merupakan nilai wajar sebuah laporan keuangan yang mencerminkan nilai sekarang. Fair value muncul disebabkan karena perubahan nilai mata uang dari waktu ke waktu sehingga membuat investor tidak mengalami kerugian karena sudah menggunakan nilai sekarang sebagai alat analisisnya dalam berinvestasi.

Namun fair value tidak dapat sepenuhnya berguna untuk pengambilan keputusan karena fair value tidak menunjukkan nilai yang sebenarnya dan susah untuk dibuktikan. Sehingga baik historical cost maupun fair value mempunyai kelebihan dan kekurangan masing-masing. Sekarang tergantung perusahaan, apakah akan menggunakan kedua nilai tersebut atau hanya menggunakan salah satunya saja.

Pada akhir acara yang diselenggarakan pada Jumat, 23 Maret 2018 ini, juga diselenggarakannya Pelantikan Himpunan Mahasiswa Program Studi Akuntansi Periode 2018/2019. Himpunan Mahasiswa Program Studi Akuntansi (HMP Akuntansi) Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Triatma Mulya (STIE Triatma Mulya) Bali merupakan sebuah organisasi internal kampus yang langsung berada di bawah Program Studi Akuntansi yang berada dalam naungan STIE Triatma Mulya Bali dengan Tri Dharma Perguruan Tinggi sebagai landasan kegiatannya.

HMP Akuntansi ini ditujukan sebagai wadah yang dapat memfasilitasi kebutuhan mahasiswa akuntansi untuk mengembangkan dan meningkatkan kualitas potensi baik secara akademis di bidang edukasi dan penalaran khususnya ilmu ekonomi maupun keorganisasian.

Kegiatan pelantikan kepengurusan organisasi yang baru ini dimaksudkan untuk memberikan kesempatan kepada mahasiswa baru untuk menambah wawasan dan mengembangkan soft skill mereka yang nantinya akan digunakan baik dalam bekerja maupun dalam kehidupan bermasyarakat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *