Seminar Penguatan Pendidikan Karakter Bagi Mahasiswa PTS di Lingkungan Kopertis Wilayah VIII se-Denpasar dan Badung Tahun 2018

Dalam pengembangan pendidikan karakter dibutuhkan kompetensi yang mencakup komponen kecerdasan, keilmuan, keproduktifan serta ahlak yang baik. Karakter merupakan bagian integral yang harus dibangun, agar generasi muda memiliki sikap dan pola pikir yang berlandaskan moral yang kokoh dan benar, demikian ungkap Prof Sadra Dharmawan, MS saat menjadi narasumber dalam Acara Seminar Penguatan Pendidikan Karakter Bagi Mahasiswa PTS di Lingkungan Kopertis Wilayah VIII se-Denpasar dan Badung Tahun 2018 dimana STIE Triatma Mulya ditunjuk Kopertis Wilayah VIII sebagai penyelenggara seminar tersebut pada Rabu 23 Mei 2018.

Seminar di ikuti oleh seluruh PTS se-Denpasar dan Badung di Lingkungan Kopertis Wilayah VIII, terdiri dari para dosen pendamping dan mahasiswa masing – masing PTS. Turut hadir dalam acara yakni Koordinator Kopertis Wilayah VIII Prof. I Nengah Dasi Astawa, M.Si yang sekaligus membuka acara seminar tersebut.
Prof Dasi menilai, sistem pembelajaran saat ini menurutnya belum sepenuhnya secara efektif membangun peserta didik untuk memiliki akhlak mulia dan karakter bangsa. Hal tersebut ditandai dengan pendidikan yang diajarkan selama ini terlalu menekankan terhadap pentingnya nilai akademik, sedangkan penekanan pendidikan yang mengajarkan tentang kemampuan mengelola dirinya sendiri masih rendah.

Terkait hal itu menurut narasumber Prof Sadra juga menyampaikan, perlu ditingkatkan lagi mutu pendidikan karakter bagi peserta didik, namun disamping itu perlu ditanamkan pula penguatan nilai keagamaan dalam diri mahasiswa ” Sehingga mereka dapat menyeimbangkan antara kecerdasan dengan ahlaqul karimah yang baik.

Lebih jauh Prof Sadra mengatakan bahwa Pancasila sebagai dasar negara kita tetap merupakan landasan filosofis untuk penguatan karakter bangsa, yang bertujuan untuk mengembangkan mahasiswa menjadi manusia Indonesia yang memiliki rasa kebangsaan dan cinta Tanah Air.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *