Universitas Triatma Mulya atau disingkat UNTRIM terbentuk dari penggabungan beberapa lembaga pendidikan tinggi yaitu Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Triatma Mulya di Kabupaten Badung, Sekolah Tinggi Ilmu Teknik Jembrana, Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Jembrana, Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan Jembrana di Kabupaten Jembrana Propinsi Bali berdasarkan Surat Keputusan Menteri Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi Republik Indonesia Nomor 443/KPT/I/2019.

         Cikalbakal UNTRIM pada awal pendiriannya adalah sebuah Sekolah Tinggi yang bernama Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Triatma Mulya didirikan pada tahun 1999 berdasarkan Surat Keputusan Dirjen Pendidikan Tinggi Departemen Pendidikan dan Kebudayaan RI  No. 128/D/0/1999 tanggal 22 Juli 1999. Program studi yang dikelola adalah Manajemen dan Akuntansi dengan jenjang Strata 1 (Sarjana). Setelah berdirinya program Sarjana (S1) dan telah berjalan selama 8 tahun, maka dibukalah program baru yaitu Program Pasca Sarjana STIE Triatma Mulya, Program Studi Magister Manajemen, tepatnya pada tanggal 2 Agustus 2007 dengan SK. Dirjen Dikti No. 2111/D/T/2007.

     Dalam upaya meningkatkan eksistensi dan memenuhi kebutuhan pendidikan yang lebih baik kemudian Yayasan Triatma Surya Jaya melihat peluang Program Kementerian Ristek Dikti, untuk mengurangi jumlah perguruan tinggi swasta (PTS) di Indonesia, maka bersama Yayasan Tat Twam Asi di Kabupaten Jembrana Propinsi Bali kala itu ingin melakukan penggabungan perguruan tinggi atau yang disebut merger. Dengan proses yang begitu panjang akhirnya pada tanggal 11 Juni 2019 Kepala LLDIKTI Wilayah VIII Prof. Dr. I Nengah Dasi Astawa, M.Si. menyerahkan Surat Keputusan Menteri Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi Republik Indonesia Nomor 443/KPT/I/2019 tentang penggabungan empat institusi Perguruan Tinggi yaitu Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Triatma Mulya di Kabupaten Badung, Sekolah Tinggi Ilmu Teknik Jembrana, Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Jembrana, Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan Jembrana di Kabupaten Jembrana Propinsi Bali menjadi Universitas Triatma Mulya atau disingkat UNTRIM.

      Setelah bergabung kini lahir sebagai institusi baru Universitas Triatma Mulya memiliki sepuluh program studi dari tiga fakultas yakni:

Fakultas Bisnis

  1. Program Pascasarjana, Magister Manajemen
  2. Program Sarjana Manajemen
  3. Program Sarjana Akuntansi

Fakultas Kesehatan, Sains dan Teknologi

  1. Program Sarjana Ilmu Keperawatan
  2. Program Diploma III Kebidanan
  3. Program Sarjana Teknik Rekayasa Elektro
  4. Program Sarjana Informatika

Fakultas Pendidikan

  1. Program Sarjana PGSD
  2. Program Sarjana Pendidikan Bahasa Inggris
  3. Program Sarjana Pendidikan Olah Raga Kesehatan dan Rekreasi.