Prodi Manajemen (S1) Akreditasi B

Profil lulusan Prodi Manajemen STIE Triatma Mulya ada dua, yakni menjadi manajer perusahaan dan hotel serta mengelola  bisnis atau wirausaha. Untuk menduduki posisi manajer dan mengelola bisnis sebagaimana yang diharapkan, maka kompetensi utama, kompetensi pendukung dan kompetensi lain yang harus dimiliki oleh lulusan STIE Triatma Mulya merujuk pada keluaran/hasil lulusan yang diharapkan. Seorang manajer yang profesional harus memiliki kemampuan yang handal dalam bidang ekonomi, mengelola perusahaan, memiliki pengetahuan tentang bisnis serta berjiwa entrepreneurship.

Berpijak dari hasil workshop kurikulum yang telah berhasil menjabarkan profil lulusan, kompetensi utama, pendukung dan lainnya, serta beban sks, maka dapat disusun struktur kurikulum dengan penjabaran mata kuliah mengikuti maping kurikulum Prodi Manajemen di bawah ini.
Ketentuan Umum Kurikulum Prodi Manajemen

Dalam implementasi kurikulum Prodi Manajemen dilaksanakan mengikuti beberapa ketentuan DIKTI yang dijabarkan sebagai berikut  :

  1. Jumlah maksimum SKS per semester 20 SKS.
  2. Jumlah minimum SKS per mata kuliah 2 SKS.
  3. Jumlah maksimum SKS per mata kuliah 6 SKS.
  4. Jumlah beban studi minimum program studi S1 144 SKS.
  5. Jumlah beban studi maksimum program studi S1 160 SKS.
  6. Jumlah beban studi yang ditetapkan 144  SKS.
  7. Jumlah semester dalam kurikulum adalah 8 semester.
  8. Batasan maksimum (tidak termasuk cuti akademik) 14 semester.
  9. Batasan maksimum cuti akademik 4 semester.

 

Kelompok Mata Kuliah Prodi Manajemen

Dalam Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia (KKNI), sebagaimana diatur dalam Peraturan Presiden RI Nomor 8 Tahun 2012 dimana dalam kurikulum Pendidikan Tinggi mengacu pada kerangka penjenjangan kualifikasi kompetensi yang dapat menyandingkan, menyetarakan, dan mengintegrasikan antara bidang pendidikan dan bidang pelatihan kerja serta pengalaman kerja dalam rangka pemberian pengakuan kompetensi kerja sesuai dengan  struktur pekerjaan di berbagai sektor. KKNI yang terdiri dari sembilan jenjang memiliki implikasi terhadap kurikulum Perguruan Tinggi, dimana lulusan S1 harus mencapai KKNI level 6. Untuk mencapai kompetensi lulusan, perlu ditentukan kelompok bahan kajian beserta bobot sks-nya yang siap diinteraksikan melalui proses pembelajaran. Mata kuliah tersebut dikelompokkan menjadi mata kuliah pengembangan kepribadian (MPK), mata kuliah keilmuan dan ketrampilan (MKK), mata kuliah keahlian berkarya (MKB), mata kuliah perilaku berkarya (MPB), dan mata kuliah berkehidupan bersama (MBB).

 

Pengelompokan Mata Kuliah

Berdasarkan penetapan mata kuliah sesuai KKNI level 6 tersebut, maka pengelompokan mata kuliah pada kurikulum Program Studi Manajemen STIE Triatma Mulya disesuaikan sebagai berikut  :

 

 Kelompok Mata Kuliah SKS Kur. Inti SKS Kur. Institusi
Mata Kuliah Pengembangan Kepribadian (MPK) 7 0
Mata Kuliah Keilmuan dan Keterampilan (MKK) 9 10
Mata Kuliah Keahlian Berkarya (MKB) 26 14
Mata Kuliah Perilaku Berkarya (MPB) 27 37
Mata Kuliah Berkehidupan Bermasyarakat (MBB) 0 14
Total SKS (Prosentase) 69 (48%) 75 (52%)