Pengabdian Masyarakat dan Pendampingan Anak Panti Asuhan di Yayasan SOS Children Village Oleh Program Studi Magister Manajemen Pascasarjana STIE Triatma Mulya

Salah satu Tridarma Perguruan Tinggi adalah kegiatan pengabdian pada Masyarakat yang dilaksanakan oleh Program Pascasarjana STIE Triatma Mulya Badung di Yayasan SOS Children Village desa Megati, Tabanan, Bali. Kegiatan ini dilaksanakan pada hari Sabtu, 17 Pebruari 2018 yang dihadiri oleh para mahasiswa, dosen, dan staf akademik. Yayasan SOS Children Village merupakan lembaga panti asuhan yang di kelola oleh I Gusti Agung Made Suweca menampung anak-anak terlantar yang berasal dari beberapa kabupaten di provinsi Bali. Program pengabdian masyarakat dan pendampingan Anak Panti Asuhan dilaksanakan dengan tema “Membangun Anak Fokus, Cerdas, dan Kreatif”.
Mendidik karakter anak sejak dini adalah salah satu upaya dalam menjaga tumbuh kembang anak pada sikap, mental, dan psikologis yang akan mempengaruhi perilaku mereka di kemudian hari. Saat mereka tumbuh menjadi generasi penerus bangsa adalah harapan bagi kita semua mereka mampu bersaing dan melanjutkan cita-cita bangsa ini sesuai dengan nilai-nilai Pancasila. Kegiatan ini dipimpin oleh Dr I Putu Santika, MM yang didampingi Kaprodi Magister Manajemen Dr. Ni Luh Putu Agustini K, SE., MM dan di dukung oleh tim dosen Dr. Ida Ketut Kusumawijaya, SE., MM yang ikut serta mengisi dan memeriahkan acara tersebut. Pendidikan karakter anak yang diberikan kepada anak-anak panti asuhan dikemas dengan permainan berupa memberikan potongan-potongan kertas yang didalamnya sudah bertuliskan semua jenis sifat-sifat manusia. Potongan-potongan kertas tersebut dipilih dan diambil oleh anak-anak sehingga setiap anak memperoleh jenis sifat-sifat manusia pada potongan kertas yang mereka pilih. Berdasarkan permainan itulah mereka dikenalkan sifat-sifat manusia dari yang baik maupun yang buruk. Anak-anak panti asuhan sangat antusias mengikuti program tersebut, dan para mahasiswa yang mendampingi mereka sangat senang dan bersemangat dalam membantu menjelaskan sifat-sifat manusia yang mempengaruhi karakter manusia itu sendiri.
Program Pascasarjana STIE Triatma Mulya adalah sekolah tinggi yang mengelola Program Studi Magister Manajemen yang berdiri sejak tahun 2007 dengan SK. Dirjen Dikti No. 2111/D/T/2007 dan sudah mendapatkan akreditasi “B” dari BAN PT SK BAN PT No.0777/SK/BAN-PT/Akred/M. Bersama visinya “menghasilkan lulusan Magister Manajemen yang kreatif dan inovatif, sebagai manajer dan wirausaha yang professional dan memiliki daya saing di tingkat nasional dan internasional pada tahun 2025. Keunikan pengajaran pada Program Magister Manajemen adalah dengan proporsi pendekatan praktis sebesar 60% dan teoritis sebesar 40% dengan mengedepankan bidang Manajemen dan Bisnis.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *