Memadukan Teori dan Praktik, Mahasiswa Pascasarjana STIE Triatma Mulya melakukan kunjungan Industri ke Oka Jamur di Bangkiang Sidem, Abiansemal, Badung

Kegiatan rutin yang dialakukan saat memasuki semester 2, mahasiswa program studi Pascasarjana STIE Triatma Mulya melakukan study visit industri. Salah satu industry yang dikunjungi yaitu ke Oka Jamur berlokasi di desa Bangkiang Sidem, Abiansemal, Badung. Kunjungan tersebut merupakan program aplikasi ilmu yang bisa dikemas pada mata kuliah Etika Bisnis yang diampu oleh dosen Dr. I Putu Santika, MM. Pengalaman yang sangat menarik, begitu komentar dari salah satu mahasiswa yang ikut dalam kunjungan tersebut. Berbisnis tidak hanya mengandalkan modal berupa uang semata dalam mengembangkan usaha. Integritas seseorang yang berupa kepercayaan adalah salah satu modal seorang pengusaha dalam mengembangkan usahanya. Menurut bapak Oka pemilik bisnis jamur menyatakan “ disaat mengalami penurunan produksi yang diakibatkan oleh faktor alam berupa keadaan suhu udara yang tidak stabil dilingkungan usaha mengakibatkan jamur tidak bisa berkembang biak dan hasilnya adalah produksi menjadi turun. Hai ini berdampak pada omset penjualan karena tidak ada produksi yang bisa dijual”. Kerugian yang dirasakan oleh pemilik bisnis merupakan tantangan baginya. Begitu banyak modal usaha yang tertanam pada bisnis tersebut, namun tidak ada keuntungan yang diperoleh untuk keberlangsungan hidup perusahaan. Alhasil adalah dengan modal kepercayaan yang dimiliki oleh pemilik usaha, beliau diberikan tambahan modal dari lembaga keuangan atas rekomendasi dari seorang temanya yang menganggap bahwa pak Oka memiliki semangat tinggi dan dapat dipercaya sehingga nasib usahanya dapat tertolong dan sampai sekarang bisa berjalan sesuai dengan target dan tujuan bisnis.

Pengalaman-pengalaman yang disampaikan oleh pemilik bisnis, merupakan tambahan referensi pada ilmu bidang manajemen khusunya etika bisnis. Tidak hanya teori yang disampaikan dalam kelas, namun oleh dosen pengampu mata kuliah berharap metode berkunjung ke industry adalah aplikasi nyata bagaimana seorang pengusaha bisa bertahan dalam keadaan apapun atau terus berupaya dalam mengembangkan usahanya demi tercapainya tujuan organisasi. Oleh karena itu antara teori dan praktik adalah dua hal yang saling melengkapi yang merupakan suatu sistem bagi pendidikan dan pengembangan ilmu pengetahuan yang tidak dapat dipisahkan.

Mahasiswa Pascasarjana STIE Triatma Mulya sangat antusias mengikuti metode perkuliahan yang dikemas dalam program study visit industry. Setelah sekian jam berdialog dengan pemilik bisnis, sampai akhirnya waktu untuk bersantap siang yang tidak kalah menarik mereka juga diajak berkunjung ke salah satu resort yaitu di Umadatu Resort & Villa, Megati, Tabanan. Metode Perkuliahan yang menyenangkan, aplikatif, namun tidak lepas dari standar akademis.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *