Mahasiswa sebagai anggota sivitas akademika diposisikan sebagai insan dewasa yang memiliki kesadaran sendiri dalam mengembangkan potensi diri di Perguruan Tinggi untuk menjadi intelektual, ilmuwan, praktisi, dan/atau profesional. Mahasiswa memiliki kebebasan akademik dengan mengutamakan penalaran dan akhlak mulia serta bertanggung jawab sesuai dengan budaya akademik. Mahasiswa mengembangkan bakat, minat, dan kemampuan dirinya melalui kegiatan kokurikuler dan ekstrakurikuler sebagai bagian dari proses Pendidikan. Kegiatan kokurikuler dan ekstrakurikuler dapat dilaksanakan melalui bagian kemahasiswaan dan organisasi kemahasiswaan melalui berbagai kegiatan yang bermanfaat.

Kegiatan kemahasiswaan dikelompokkan dalam empat bidang yaitu: (1) bidang penalaran, (2) bidang minat bakat dan kegemaran, (3) bidang organisasi dan (4) bidang kesejahteraan dan bakti sosial. Keberhasilan pelaksanaan kegiatan kemahasiswaan dapat diukur melalui tiga standar yaitu (1) standar cara pembimbingan kemahasiswaan, (2) standar kegiatan dan proses pembimbingan kemahasiswaan, dan (3) standar fasilitas penunjang kegiatan kamahasiswaan. Oleh karena itu, Universitas Triatma Mulya menetapkan standar kemahasiswaan yang akan menjadi pedoman dan tolok ukur bagi pimpinan Universitas Triatma Mulya, pimpinan program studi dan dosen.

 

Layanan Kemahasiswaan

1.Bimbingan dan Konseling.

Setiap program studi di Universitas Triatma Mulya memiliki program bimbingan dan konseling yang telah berfungsi efektif. Bimbingan konseling dilakukan oleh Koordinator Program Studi, Bagian Kemahasiswaan dan dosen Pembimbing Akademik yang telah ditetapkan berdasarkan SK Rektor Universitas Triatma Mulya.

2. Pengembangan nalar, minat dan bakat.

Program pembinaan kenalaran, minat dan bakat di Universitas Triatma Mulya di tingkat universitas melalui pembentukan Badan Eksekutif Mahasiswa dan di tingkat prodi melalui Himpunan Mahasiswa Jurusan. Untuk mengembangkan minat, bakat dan nalar mahasiswa dibentuk Unit Kegiatan Mahasiswa yang membidangi minat dan bakat seperti : UKM Seni Tari, UKM Olahraga, UKM Kewirausahaan, UKM Mapala, dll. Sedangkan kegiatan yang meningkatkan penalaran mahasiswa tergabung dalam wadah UKM Karya Ilmiah. Pembinaan minat dan bakat dan penalaran di Universitas Triatma Mulya mencakup aspek akademik dan non akademik  dan hasilnya diharapkan dapat mengangkat citra Universitas Triatma Mulya.

3. Pengembangan Soft Skills.

Pembinaan soft skills di tingkat sekolah tinggi dan program studi telah berjalan dengan efektif. Pembinaan soft skills mencakup aspek kewirausahaan, kepempimpinan, entertainment, pariwisata dan perhotelan, dan lain-lain. Hasil pembinaan softskills yang dilakukan diharapkan dapat menunjang peningkatan kompetensi lulusan.

4. Layanan Bimbingan Karir.

Universitas Triatma Mulya memiliki bursa kerja atau career centre yang bertanggungjawab dalam memberikan layanan bimbingan penempatan kerja bagi mahasiswa lulusan, pelatihan melamar kerja,  mencari peluang kerjasama dengan institusi pengguna lulusan baik dalam maupun luar negeri.

5. Layanan Bimbingan Kewirausahaan.

Bimbingan kewirausahaan bertujuan untuk menghasilkan lulusan yang memiliki jiwa kewirausahaan dan memilki rencana bisnis yang akan mereka lakukan setelah menyelesaikan pendidikan di Universitas Triatma Mulya. Layanan ini dilakukan dengan mengefektifkan inkubator bisnis, memberikan pelatihan kewirausahaan, melaksanakan entrepreneur day dan pada mata kuliah tertentu, memberikan tugas kepada mahasiswa untuk membuat rancangan bisnis dan mengimpmentasikannya ke dalam sebuah proyek.

6. Layanan Kesehatan.

Program pelayanan kesehatan di Universitas Triatma Mulya berupa pemberian asuransi kesehatan dan pemberian penyuluhan kesehatan secara rutin. Selain itu Universitas Triatma Mulya juga memiliki klinik kesehatan yang dapat dimaanfaatkan oleh mahasiswa.

7. Layanan Beasiswa.

Layanan beasiswa yang dilaksanakan di Universitas Triatma Mulya telah dilakukan secara rutin dan berkala dan diharapkan dapat memberikan dampak pada prestasi belajar mahasiswa. Beasiswa-beasiswa yang diberikan di Universitas Triatma Mulya diantaranya :

  • Beasiswa Bidikmisi. Biaya pendidikian program beasiswa Bidikmisi didanai oleh pemerintah melalui Kemenristekdikti. Calon mahasiswa yang ingin mengikuti program ini harus melengkapi dokumen rekomendasi dari sekolah dan Kepala Lingkungan setempat yang menyatakan bahwa calon mahasiswa berasal daru keluarga kurang mampu. Calon mahasiswa yang mengikuti program ini harus tetap mengikuti tes seleksi masuk yang ditetapkan Universitas Triatma Mulya.
  • Beasiswa Yayasan melalui jalur prestasi akademik dan non akademik serta kurang mampu secara ekonomi. Setiap tahunnya, Universitas Triatma Mulya memberikan kuota beasiswa yang didanai Yayasan sebesar kira-kira 10 % dari total mahasiswa baru. Beasiswa ini diberikan kepada calon mahasiswa kurang mampu tetapi memiliki prestasi akademik dan atau non akademik yang dibuktikan dengan rekomendasi dari Kepala Sekolah serta sertifikat-sertifikat yang mereka miliki sebagai bukti prestasi yang pernah mereka raih. Bentuk beasiswa yang diberikan bermacam-macam diantaranya : 50% bebas biaya pengembangan, bebas biaya pengembangan 100%, bahkan bebas biaya penuh berupa biaya pengembangan dan biaya kuliah.
  • Bantuan bagi calon mahasiswa yang berasal dari Panti Asuhan. Salah satu program Corporate Social Responsibility Universitas Triatma Mulya adalah pemberian beasiswa bagi anak-anak penghuni Panti Asuhan. Setiap tahunnya, Universitas Triatma Mulya memberikan kuota sebesar 2 (dua) orang calon mahasiswa yang berasal dari Panti Asuhan untuk melanjutkan pendidikan Program Sarjana Universitas Triatma Mulya. Pimpinan Panti Asuhan harus memberikan permohonan dan rekomendasi calon mahasiswa yang diajukan. Calon mahasiswa yang lulus seleksi melalui jalur ini akan diberikan bebas biaya pengembangan dan SPP selama pendidikan dengan syarat harus menunjukkan prestasi akademik dan menunjukkan sikap yang baik selama pendidikan.
  • Beasiswa juga diberikan bagi lulusan SMK Triatma Jaya tahun yang bersangkutan yang masih berada di bawah satu yayasan dengan Universitas Triatma Mulya. Calon mahasiswa yang lulus melalui seleksi ini berhak mendapatkan beasiswa berupa 50 % uang pengembangan.
  • Beasiswa bagi pegawai/staf dan alumni. Pegawai Universitas Triatma Mulya yang ingin melanjutkan studi pada program Pascasarjana Magister Manajemen, akan mendapatkan bebas 50% biaya pendidikan (SPP). Selain itu Universitas Triatma Mulya juga memberikan beasiswa potongan sebesar 10 % dari total biaya pendidikan bagi alumni Program Sarjana Universitas Triatma Mulya yang akan melanjutkan pendidikan ke Program Pascasarjana.

 

Untuk memotivasi mahasiswa berprestasi akademik yang tinggi, lembaga mengeluarkan kebijakan memberikan potongan biaya SPP sebesar Rp 500.000 di semester dua bagi mahasiswa yang mencapai indeks prestasi kumulatif (IPK) sebesar ≥3.79.

 

Unit Kegiatan Mahasiswa

Unit Kegiatan Mahasiswa (disingkat UKM) Universitas Triatma Mulya adalah wadah aktivitas kemahasiswaan luar kelas untuk mengembangkan minat, bakat dan keahlian tertentu. Unit ini merupakan partner organisasi kemahasiswaan yaitu Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Universitas Triatma Mulya. Lembaga ini bersifat otonom, dan bukan sebagai cabang dari badan eksekutif mahasiswa.

Unit kegiatan mahasiswa Universitas Triatma Mulya terdiri dari tiga kelompok minat:

  • Unit kegiatan olahraga, (UKM Basket, UKM Badminton, UKM Futsal, UKM Taekwondo)
  • Unit kegiatan kesenian. (UKM Paduan Suara, UKM Tari)
  • Unit kegiatan khusus (UKM Mahasiswa Pecinta Alam (Mapala), UKM Kewirausahaan, UKM Persekutuan Mahasiswa Kristen (PMK).

 

Prestasi Mahasiswa

Berikut prestasi akademik yang dicapai mahasiswa dalam 5 (lima) tahun terakhir. Data dilengkapi dengan keterangan kegiatan prestasi yang diikuti (nama kegiatan, waktu, tingkat, dan prestasi yang dicapai).

Tabel Prestasi Akademik Mahasiswa

No. Nama Kegiatan Waktu Penyelenggaraan (YYYY) Tingkat*) Prestasi yang Dicapai
Provinsi/

Wilayah

Nasional Inter

nasional

1 Mahasiswa S2

International General Manager Conference

20-21 Septemberr 2017 V Peserta
2 Alcoholic Trainer Service 13 November 2014 V Peserta
3 Culinaire Contribution Expert Malaysia 2015 V Peserta
4 Tea Mixology Play at Velvet Hypnotized 1 December 2014 V Juri
5 Menjadi juri bartending contest 21-22 September 2015 V Juri
6 Menjadi pembicara pada seminar hospitality Mapindo 23 November 2018 V Pembicara
7 Training National Assesor Food and Beverage 4-6 Juli 2015 V Peserta
8 Bali International Flair Bartending Exhibition 3-5 September 2015 V Juri
9 Guest Lecture  Topic Trend Tourism and Hospitality Industry 13 April 2018 V Pembicara
10 Guest Speaker for Caracter Building 10 July 2018 V Pembicara
11 Dewan Juri pada acara Cock Tail Break Bali Travel News 31 Januari 2015 V Juri
12 Management Power-up Work Shop for F&B Operations November 2014 V Peserta
13 Sertificate Competency of F&B Director 29 Agustus 2016 V Director
14 An observer during F&B Competition in Taiwan. 30 September 2016 V Observer
15 Menjadi narasumber dalam Pensisba YTSJ Agustus 2017 V Pembicara
16 Menjadi narasumber berjudul Membangun Kompetensi menuju MEA 21-25 Agustus 2015 V Pembicara
17 Sertifikasi kompetensi Koperasi dan usaha jasa keuangan April 2017 V Asesor
18 Pemdamping UKM desa wisata Mei 2018 V Peserta
19 Menjadi nara sumber lokakarya Penyusunan Dokumen SPMI Agustus 2018 V Pembicara
20 Sertifikasi General Manajer Koperasi Jasa Keuangan. Juli 2018 V  

Asesor

 

21 Mahasiswa S1
Juara I Pilmapi (Pekan Ilmiah Mahasiswa Pariwisata)  Nasional
 

 

 

V

 

 

Juara I

22 Competition of Accounting (COMPAC) Perguruan Tinggi VI Nasional, STIE Perbanas Surabaya 2016 V Peserta
23 Lomba Karya Tulis Ilmiah Bagi Mahasiswa PTS di Lingkungan Kopertis Wilayah VIII, dengan Tema: Strategi Menghadapi MEA 2016 V Juara
24 Lomba Diskusi antar Perguruan Tinggi, Parade Cinta Tanah Air Tingkat Provinsi 2017 V Juara II
25 Lomba Akuntansi Battle and Lead Competition (Balance) se-Indonesia, FE UII Yogyakarta 2017 V Finalis dalam 15 Besar
26 Lomba Akuntansi VII Politeknik Negeri Bali 2017 2017 V Peserta
27 National University Debating Championship (NUDC) 2017 2017 V Peserta
28 Lomba Akuntansi VII Politeknik Negeri Bali 2018 2018 V Semifinalis
    3 18 7

 

Berikut prestasi non-akademik yang dicapai mahasiswa dalam 5 (lima) tahun terakhir. Data dilengkapi dengan keterangan kegiatan prestasi yang diikuti (nama kegiatan, waktu, tingkat, dan prestasi yang dicapai).

Tabel Prestasi Non-akademik Mahasiswa

No. Nama Kegiatan Waktu Penyelenggaraan (YYYY) Tingkat*) Prestasi yang Dicapai
Provinsi/

Wilayah

Nasional Inter

nasional

1 Jegeg Bagus Tabanan 2017 2017 V Bagus Lingkungan 2017
2 Lomba Bondres Tingkat Provinsi 2018 V Juara Umum III
3 Lomba Menyanyi dalam Pekan Seni Mahasiswa Indonesia 2019 V Juara II
    3 0 0