Inkubator Kewirausahaan

Inkubator Wirausaha adalah suatu lembaga intermediasi yang melakukan proses inkubasi atau suatu proses pembinaan, pendampingan, dan pengembangan yang diberikan kepada wirausahawan atau calon wirausahawan yang bersedia. Mengenal istilah “inkubator” adalah suatu alat untuk membantu bayi yang lahir prematur sehingga bisa hidup normal. Pemerintah berpandangan bahwa inkubator wirausaha merupakan suatu wahana yang dapat secara efektif untuk menumbuhkembangkan jiwa kewirausahaan, kemampuan, jejaring (network), dan wawasan berusaha.

Hal ini sehubungan dengan perlu dikembangkannya wirausaha baru yang tangguh, kreatif dan profesional untuk meningkatkan daya saing nasional. Karena wirausaha yang seperti itu akan memilki kemampuan daya saing dan penyerapan tenaga kerja. Selain itu bahwa selama ini pada umumnya wirausaha yang ada masih berorientasi lokal dan belum sepenuhnya mengaplikasikan pengetetahuan, keterampilan, dan kompetensi entre-preneurship serta belum sepenuhnya memanfaatkan teknologi tepat guna.

Sehubungan dengan hal tersebut STIE Triatma Mulya merupakan salah satu PTS di Bali memiliki tantangan terbesar, diantaranya harus mampu menghasilkan lulusan berkualitas tinggi (berkompeten) sesuai bidang dan mampu bersaing di pasar kerja. Bahkan diharapkan bisa menciptakan lapangan kerja baru, sehingga mampu memberikan kontribusi bagi penyerapan tenaga kerja dan mengurangi masalah pengangguran.

Realitas banyaknya pengangguran dan prospek lulusan STIE Triatma Mulya tersebut, sebenarnya telah banyak mendapat perhatian dari beberapa elemen STIE Triatma Mulya, seperti dilakukan oleh para dosen dan mahasiswa, termasuk secara kelembagaan terdorong oleh program pemerintah, maupun inisiatif lembaga STIE Triatma Mulya untuk memberikan bekal tambahan dalam mengembangkan budaya kewirausahaan. Hal ini dilakukan melalui program pengembangan diri, pembelajaran kewirausahaan, pelatihan dan seminar wirausaha, program magang ke industri dan usaha, penambahan materi soft skill dan hard skill pada mahasiswa. Selain itu STIE Triatma Mulya mendirikan Pusat Inkubator Wirausaha Baru dan melakukan kegiatan kemitraan dan pelatihan – pelatihan, pengabdian bagi dosen dan mahasiswa yang banyak melibatkan UMKM.

Dari hasil – hasil kegiatan tersebut telah memberikan feed back yang sangat positif terutama menumbuhkan dan mengembangkan jiwa entreupreneurship dikalangan mahasiswa STIE Triatma Mulya, memberikan pengalaman nyata didunia kerja, membuka kesempatan kerja dan memperkuat hubungan kemitraan STIE Triatma Mulya dengan UKM.