Entrepreneur Day Tahun 2019 STIE Triatma Mulya

Ajang mahasiswa untuk memasarkan produk unggulan kembali digelar pada hari Jumat, 01 Maret 2019 dalam rangka STIE Triatma Mulya melaksanakan Entrepreneur Day Tahun 2019 di lapangan utama STIE Triatma Mulya.

Menurut Wakil Ketua bidang Kemahasiswaan, I Made Hedy Wartana, SE., MM, “Acara entrepreneur day ini menghadirkan 13 stan dan merupakan bagian dari kegiatan akademik, khususnya mata kuliah kewirausahaan. Melalui ini mahasiswa dapat belajar untuk memasarkan produknya.”

Produk yang dipasarkan sangat bervariasi mulai dari makanan dan minuman, kerajinan tangan, pakaian, udeng & saput Bali serta berbagai produk menarik lainnya. Setelah dibuka oleh Ketua STIE Triatma Mulya Dr. I Ketut Putra Suarthana, MM dan didampingi seluruh jajaran STIE Triatma Mulya, stan yang disediakan ramai dipadati oleh pengunjung. Mereka ikut menikmati dan membeli sajian yang dijual oleh peserta.

Sebelumnya Ketua STIE Triatma Mulya Dr. I Ketut Putra Suarthana, MM, mendukung dan menyambut positif festival kewirausahaan 2019 yang digelar STIE Triatma Mulya ini. Menurutnya menjadi pengusaha tidak gampang, menjadi pebisnis tidak gampang, tetapi bisnis tidak tabu bagi pelajar dan mahasiswa.

Beliau memberikan tips menjadi wiraswasta yang andal. Pertama harus bisa membaca peluang pasar. Kita harus bisa membaca kebutuhan pasar, bukan hanya kebutuhan saat ini, tapi juga kebutuhan pasar di masa akan datang, itu berarti bisnis bukan sekadar ikut-ikutan.

Kedua, menciptakan strategi. Menurutnya, harus diusahakan produk bersifat eye catching, sehingga orang terpancing datang. Ia mencontohkan sejumlah produk dengan brand tertentu yang membuat strategi eye catching. Ketiga, butuh modal. Supaya dapat pinjaman dari bank, menurutnya karakter orang yang mau minjam juga harus baik. Orang yang mau pinjam ke bank harus menunjukkan konsep bisnis dan misi bisnis yang akan dijalankan.

Melalui kegiatan ini, STIE Triatma Mulya berupaya meningkatkan pengetahuan dan pemahaman mahasiswa soal bisnis dan mempraktekkannya setelah menempuh teori yang diajarkan oleh dosen pengampu mata kuliah kewirausahaan. Kemudian bagaimana supaya mereka kreatif, memulai usaha, supaya mereka tergerak membuka usaha, dan kelak mereka bisa membuka lapangan kerja.

Setelah pelaksanaan Entrepreneur Day Tahun 2019 berakhir, STIE Triatma Mulya sangat bangga terhadap mahasiswa yang melaksanakan Entrepreneur Day Tahun 2019 ini. Mahasiswa Manajemen program reguler sore yang tadinya ikut andil dalam memeriahkan Entrepreneur Day Tahun 2019 STIE Triatma Mulya ini menyumbangkan hasil jualannya ke Panti Asuhan Surya Giri. Ini menunjukkan kepedulian mahasiswa STIE Triatma Mulya untuk saling berbagi dengan sesama.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *