IKAMAYA (Ikatan Alumni Universitas Triatma Mulya)

Universitas Triatma Mulya memiliki ikatan alumni yang dibentuk dengan nama Ikatan Alumni Universitas Triatma Mulya (IKAMAYA). IKAMAYA dibentuk untuk mewadahi para alumni dan meningkatkan hubungan tali silaturahmi antara para alumni dengan almamater.

Kebijakan tentang ikatan alumni berdasarkan Surat Keputusan Rektor Universitas Triatma Mulya yang menyatakan bahwa lulusan Universitas Triatma Mulya bergabung dalam Ikatan Alumni Universitas Triatma Mulya (IKAMAYA) yang kepengurusannya dari semua program studi. IKAMAYA berperan aktif dalam kegiatan-kegiatan yang dilakukan Universitas Triatma Mulya dengan memberikan masukan dalam kegiatan kemahasiswaan, masukan tentang kebutuhan pasar kerja, memberikan informasi tentang lowongan tenaga kerja, ikut serta dalam kegiatan seminar/ workshop serta ikut serta memberikan bantuan dalam bentuk materi bagi kemajuan kampus.

Kontribusi para alumni dalam peningkatan institusi diselenggarakan dalam berbagai aktivitas di antaranya:

1. Penggalangan dana,

Alumni dilibatkan dalam menggalang dana untuk disumbangkan ke SD yang kurang layak di Karangasem, disumbangkan ke yayasan anak kanker, panti asuhan dan disumbangkan ke yayasan anak jalanan. Beberapa kegiatan penggalangan dana alumni dilaksanakan untuk kegiatan ekstrakulikuler mahasiswa

2. Sumbangan fasilitas

Sumbangan fasilitas seperti buku, LCD, dan Laptop diberikan oleh alumni demi peningkatan fasilitas Universitas Triatma Mulya.

3. Perbaikan proses pembelajaran 

  1. Alumni memberikan masukan-masukan dalam proses pembelajaran melalui tracer study
  2. Alumni ikut serta dalam memberikan masukan dalam penyusunan visi, misi dan kurikulum.
  3. Alumni memberi pendampingan dan pemberdayaan dalam kegiatan manajemen training

4. Perluasan Jejaring

  1. Berperan aktif mempromosikan Universitas Triatma Mulya dalam kegiatan seminar yang dilakukan oleh alumni dalam menjaring mahasiswa baru
  2. Alumni berperan dalam penyediaan lapangan pekerjaan bagi lulusan Universitas Triatma Mulya
  3. Alumni ikut berperan dalam penyediaan tempat untuk kegiatan manajemen training

Klik Gambar Tracer Study Magister

Klik Gambar Tracer Study Sarjana

Tracer Study IKAMAYA

Upaya monitoring dan evaluasi dilakukan untuk mengetahui kompetensi lulusan Universitas Triatma Mulya pada bidang-bidang yang telah menyerap mereka baik sebagai tenaga kerja (job seeker) maupun sebagai pengusaha (job creator). Hasil monev tersebut dijadikan acuan untuk melakukan pengayaan kurikulum, penyesuaian mata kuliah dan penambahan kompetensi khusus yang mendukung para lulusan dalam bersaing di dunia kerja.

Studi pelacakan alumni Universitas Triatma Mulya dilakukan setahun sekali menjelang pelaksanaan yudisium dan wisuda. Dalam pelaksanaan studi pelacakan melibatkan para lulusan dengan memberikan kuesioner Tracer Study. Kuesioner berisi pertanyaan-pertanyaan mengenai berapa lama lulusan mendapatkan pekerjaan, apakah pekerjaan saat ini sudah sesuai dengan kompetensi lulusan, dan bagaimana kontribusi Perguruan Tinggi terhadap pekerjaan lulusan.

Manfaat Tracer Study IKAMAYA

Manfaat Tracer Study tidak terbatas pada perguruan tinggi saja, tetapi lebih jauh lagi dapat memberikan informasi penting mengenai hubungan antara dunia pendidikan tinggi dengan dunia usaha dan industri. Tracer Study dapat menyajikan informasi mendalam dan rinci mengenai kecocokan kerja baik horisontal (antar berbagai bidang ilmu) maupun vertikal (antar berbagai level/strata pendidikan).

Bagi Universitas Triatma Mulya, Tracer Study dilakukan untuk mendapatkan manfaat sebagai berikut:
  1. Sebagai database alumni yang terdata berdasarkan Program Studi (Prodi) dan angkatan (tahun masuk);
  2. Sebagai masukan/informasi penting bagi pengembangan perguruan tinggi;
  3. Sebagai alat evaluasi untuk melihat relevansi antara perguruan tinggi dengan dunia usaha dan industri;
  4. Sebagai masukan bagi perbaikan kinerja dosen dan staf administrasi;
  5. Sebagai masukan bagi perbaikan kurikulum;
  6. Sebagai bahan evaluasi untuk mengikuti akreditasi internasional;
  7. Sebagai bahan untuk membangun jaringan/network alumni.